Taman Botol Bekas





Siapa bilang kita tidak bisa berkebun di rumah yang berlahan minim. Teknologi hidroponik menjawabnya. Budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tanpa tanah (yang berlimpah). Hidroponik dapat dijalankan dengan memanfaatkan barang-barang bekas sebagai media tanam, seperti dengan menggunakan media botol-botol bekas. Hidroponik ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, mudah dan murah.

Menanam dengan cara hidroponik sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan dalam menanam secara hidroponik, bisa dengan memanfaatkan barang bekas, memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai, dan membuat atau membeli peralatan sederhana yang terjangkau.

Barang-barang yang paling mudah dicari dan banyak terbuang di lingkungan kita adalah botol bekas, gelas air minum kemasan bekas, dan steorom. Barang-barang tersebut bisa dimanfaatkan untuk tempat menanam secara hidroponik. Berikut gambar-gambar contoh-contoh hidroponik sederhana, sangat mudah diterapkan, dan murah atau memanfaatkan barang bekas. 




1 komentar:

Irwanto Hasbi mengatakan...

asslamu alaikum,

aku baru mau coba cara bercocok tanam menggunakan media bekas air mineral seperti yang di atas, namun aku ngga ngerti cara nyangkutin botol tersebut di tali penyangga, kiranya dapat bimbingannya