Raden Kian Santang dan Sayyidina Ali Karramallahu Wajhah


(Hikayat ini adalah contoh sastra lisan di Banten dan Jawa Barat yang lebih bersifat kiasan, yang memaksudkan dirinya untuk bercerita tentang bagaimana peralihan kultural dan politik di Banten dan Jawa Barat dari Era Hindu ke Era Islam)


Prabu Siliwangi memiliki beberapa putra dan putri, diantaranya adalah Raden Kian Santang dan Ratu Rara Santang, yang keduanya adalah putra dan putri kesayangan sang Prabu. Raden Kian Santang terkenal dengan kesaktiannya yang luar biasa. Di dunia persilatan nama Raden Kian Santang sudah tak asing lagi sehingga seluruh Pulau Jawa bahkan Nusantara saat itu sangat mengenal siapa Raden Kian Santang. Tak ada yang sanggup mengalahkannya. Bahkan, Raden Kian Santang sendiri tak pernah melihat darahnya sendiri.

Suatu ketika, Raden Kian Santang yang adalah putra Prabu Siliwangi itu terkejut ketika di dalam mimpinya ada seorang kakek berjubah yang mengatakan bahwa ada seorang manusia yang sanggup mengalahkannya, dan kakek tersebut tersenyum. Mimpi itu terjadi beberapa kali hingga Raden Kian Santang bertanya-tanya siapa gerangan orang itu. Dalam mimpi selanjutnya sang kakek menunjuk ke arah lautan dan berkata bahwa orang itu di sana.

Penasaran dengan mimpinya, Raden Kian Santang pun meminta ijin kepada ayahandanya, Prabu Siliwangi untuk pergi menuju seberang lautan, dan menceritakan semuanya. Prabu Siliwangi walaupun berat hati tetap mempersilahkan putranya itu pergi. Namun Ratu Rara Santang, adik perempuan Raden Kian Santang, ingin ikut kakaknya tersebut.

Meski dicegah, Ratu Rara Santang tetap bersikeras ikut kakaknya, yang akhirnya mereka berdua pergi menyeberangi lautan yang sangat luas menuju suatu tempat yang ditunjuk orang tua alias si kakek berjubah di dalam mimpi Raden Kian Santang itu.

Hari demi hari, minggu berganti minggu dan genap delapan bulan perjalanan sampailah Raden Kian Santang dan Ratu Rara Santang ke sebuah dataran yang asing, tanahnya begitu kering dan tandus, padang pasir yang sangat luas serta terik matahari yang sangat menyengat mereka melabuhkan perahu yang mereka tumpangi.

Tiba-tiba datanglah seorang kakek yang begitu sangat dikenalnya. Yah, kakek yang pernah datang di dalam mimpinya itu. Kakek itu tersenyum dan berkata: “Selamat datang anak muda! Assalamu alaikum!” Raden Kian Santang dan Ratu Rara Santang hanya saling berpandangan dan hanya berkata: “Aku ingin bertemu dengan Ali, orang yang pernah kau katakan sanggup mengalahkanku.”

Dengan tersenyum kakek itu pun berkata: “Anak muda, kau bisa bertemu Ali jika sanggup mencabut tongkat ini!” Lalu si kakek itu menancapkan tongkat yang dipegangnya.

Kembali Raden Kian Santang dan Ratu Rara Santang saling berpandangan, dan Raden Kian Santang tertawa terbahak-bahak. “Hai orang tua! Di negeri kami adu kekuatan bukan seperti ini, tapi adu olah kanuragan dan kesaktian. Jika hanya mencabut tongkat itu buat apa aku jauh-jauh ke negeri tandus seperti ini?  Ujar Raden Kian Santang mengejek.

Kakek itu kembali tersenyum. “Anak muda, jika kau sanggup mencabut tongkat itu kau bisa mengalahkan Ali, jika tidak kembalilah kau ke negerimu anak sombong.” Kata orang tua itu.

Akhirnya Raden Kian Santang mendekati tongkat itu dan berusaha mencabutnya. Namun  upayanya tak berhasil. Semakin dia mencoba semakin kuat tongkat itu menghunjam.

Keringatnya bercucuran, sementara Ratu Rara Santang tampak khawatir dengan keadaan kakaknya, ketika tiba-tiba darah di tangan Raden Kian Santang menetes, dan menyadari bahwa orang tua yang di hadapan mereka bukan orang sembarangan.

Saat itu, lutut Raden Kian Santang bergetar dan dia merasa kalah. Ratu Rara Santang yang terus memperhatikan kakaknya segera membantunya, namun tongkat itu tetap tak bergeming, akhirnya mereka benar-benar mengaku kalah.

“Hai orang tua! Aku mengaku kalah dan aku tak mungkin sanggup melawan Ali. Melawan  dirimu pun aku tak bisa! Tapi ijinkan aku bertemu dengannya dan berguru kepadanya.” Ujar Raden Kian Santang.Kakek itu kembali tersenyum. “Anak muda! Jika Kau ingin bertemu Ali, maka akulah Ali.” Tiba-tiba mereka berdua bersujud kepada orang tua itu, namun tangan orang tua itu dengan cepat mencegah keduanya bersujud. “Jangan bersujud kepadaku anak muda! Bersujudlah kepada Zat yang menciptakanmu, yaitu Allah!”

Akhirnya mereka berdua mengikuti orang tua tersebut, yang ternyata Ali Bin Abi Tholib, ke Baitullah dan memeluk agama Islam. 

Begitulah, Raden Kian Santang dan Ratu Rara Santang mempelajari Islam dengan sungguh-sungguh. Dalam perjalanannya Raden Kian Santang kembali ke pulau Jawa dan menyebarkan Islam di daerah Garut hingga meninggalnya. Sedangkan Ratu Rara Santang dipersunting oleh salah satu pangeran dari tanah Arab yang bernama Syarif Husen. Perkawinan antara Ratu Rara Santang dan Syarif Husen itu menghasilkan dua putra, yaitu Syarif Nurullah dan Syarif Hidayatullah. Syarif Nurullah menjadi penguasa Makkah saat itu, sedangkan Syarif Hidayatullah pergi ke Jawa untuk bertemu dengan ayah dan kakeknya.

Syarif Hidayatullah pamit untuk pergi ke Jawa dan ingin menyebarkan Islam ke sana. Dan pergilah Syarif Hidayatullah mengarungi samudera nan luas seperti halnya dulu ibu dan pamannya, Ratu Rara Santang dan Raden Kian Santang.

Setibanya di tanah Jawa, Syarif Hidayatullah tidak kesulitan berjumpa dengan ayah dan kakeknya. Namun Syarif Hidayatullah prihatin karena hingga saat itu kakeknya masih belum masuk ke dalam agama Islam dan tetap bersikukuh dengan agamanya yaitu agama Sunda Wiwitan, meski berbagai upaya terus dilakukan dan dia hanya berdoa semoga kakeknya suatu saat diberi hidayah oleh Allah.

Melihat keuletan cucunya dalam menyebarkan Agama Islam, Prabu Siliwangi memberikan tempat kepada cucunya sebuah hutan yang kemudian bernama Cirebon. Dan di sinilah pusat penyebaran Islam dimulai. Murid - muridnya kian bertambah dan Islam sangat cepat menyebar.

Dalam penyebarannya Syarif Hidayatullah mengembara ke ujung barat pulau Jawa, ke daerah kulon, tempat pendekar-pendekar banyak tersebar. Di Pandeglang ada Pangeran Pulosari dan pangeran Aseupan, juga terdapat Raja Banten yang terkenal sangat sakti, bahkan Raden Kian Santang pun segan kepadanya, yaitu Prabu Pucuk Umun, Raja Banten yang memiliki ilmu Lurus Bumi yang sangat sempurna, juga pukulan braja musti yang bisa menghancurkan gunung, bahkan menggetarkan bumi.

Rupanya Syarif Hidayatullah telah mengetahui kesaktian Prabu Pucuk Umun yang menguasai daerah itu. Untuk langsung mengajak Prabu Pucuk Umun masuk ke dalam Agama Islam sangat tidak mungkin, sebab Syarif Hidayatullah tahu Prabu Pucuk Umun mudah sekali murka, dan hal ini sangat berbahaya.

Dengan bersusah payah Syarif Hidayatullah menemui Pangeran Pulosari dan juga Pangeran Aseupan, yang merupakan sepupu dari Prabu Pucuk Umun, dan rupanya Pangeran Pulosari dan Pangeran Aseupan sangat tertarik dengan ajaran agama yang di bawa oleh cucu Raja Pajajaran itu, dan keduanya menganut agama Islam.

Masuknya kedua pangeran itu ke dalam agama yang dibawa Syarif Hidayatullah terdengar juga oleh Prabu Pucuk Umun, dan hal ini membuatnya murka. Tiba-tiba langit menjadi gelap, halilintar bergelegar bersahutan. Pangeran Aseupan dan Pangeran Pulosari memahami bahwa kakak sepupunya telah mengetahui masuknya mereka kepada agama yang dibawa Syarif Hidayatullah.

Dengan ilmu Lurus Buminya, Prabu Pucuk Umun memburu kedua pangeran yang menurutnya berkhianat itu, dan terjadilah perkelahian yang sangat dahsyat. Pangeran Pulosari dan Pangeran Aseupan berusaha mengelak dari serangan-serangan yang dilakukan kakak sepupunya itu. Namun kesaktian luar biasa yang dimiliki Prabu Pucuk Umun membuat mereka lari ke arah selatan, dan di sanalah Syarif Hidayatullah menunggu mereka, dan dengan luka yang diderita mereka, akhirnya mereka pun berlindung di belakang Syarif Hidayatullah.

Prabu Pucuk Umun berteriak: “Hai cucu Siliwangi! Jangan kau ganggu tanahku dengan agamamu, jangan kau usik ketenangan rakyatku, enyahlah kau dari sini sebelum kau menyesal dan berdosa kepada kakekmu.”

Dengan tersenyum Syarif Hidayatullah menjawab: “Aku diperintahkan oleh Allah untuk menyebarkan agama ini, karena agama ini bukan hanya untuk satu orang tapi untuk semua orang di dunia ini. Agama yang akan menyelamatkanmu.”

“Aku tidak menyukai basa-basimu anak lancang!” Teriak Prabu Pucuk Umun dengan lantang dan menggelegar, dan dari arah depan tiba-tiba angin berhembus sangat kencang, tampak Syarif Hidayatullah mundur beberapa langkah, sedangkan Pangeran Pulosari dan Pangeran Aseupan memasang kuda-kuda untuk menggempur serangan Prabu Pucuk Umun.

Pertarungan itu begitu dahsyatnya hingga Prabu Siliwangi dan Raden Kian Santang pun bersemedi memberikan energi kepada Syarif Hidayatullah.

Prabu Pucuk Umun merasakan panas yang teramat sangat, dia mengetahui bahwa serangannya telah berbalik arah kepadanya, dan dengan menggunakan Ilmu Lurus Bumi, Prabu Pucuk Umun melarikan diri, namun dengan sigap Pangeran Aseupan dan Pangeran Pulosari mengejarnya. Dengan menggunakan ilmu yang sama terjadilah kejar-kejaran antara ketiganya. Dan akhirnya, di puncak Gunung Karang, Prabu Pucuk Umun tertangkap, atas restu Prabu Siliwangi, Prabu Pucuk Umun tidak dibunuh, tapi dimasukan ke kerangkeng di bawah kawah Gunung Krakatau. 

Prabu Pucuk Umun memiliki putri yang cantik dan juga memiliki kesaktian yang tidak kalah dengan ayahnya, bahkan lebih dari 1000 Jin di bawah pengaruhnya, dan dia bernama Ratu Kawunganten, Putri Prabu Pucuk Umun yang kemudian diperistri oleh Syarif Hidayatullah. Ratu Kawunganten pun masuk Islam dan berganti nama menjadi Siti Badariah.

Tidak berapa lama, Siti Badariah atau Ratu Kawunganten pun hamil, namun dia mengidam hal yang tidak wajar menurut pemikiran Syarif Hidayatullah, dia menginginkan daging manusia. Sontak, Syarif Hidayatullah pun kaget dan marah. “Isteriku, kau telah menganut agama Islam, keinginanmu itu terlarang.” Tandas Syarif Hidayatullah.

Namun isterinya tetap menginginkan daging manusia, dan Syarif Hidayatullah tak bisa berbuat banyak, beliau sangat marah dan meninggalkan isterinya dalam keadaan hamil dan kembali ke Cirebon.

Sepeninggal Syarif Hidayatullah, Siti Badariah atau Ratu Kawunganten kembali ke agama leluhurnya yaitu Agama Sunda Wiwitan, agama yang sudah menjadi darah dan dagingnya.

Ratu Kawunganten atau Siti Badariah pun melahirkan seorang putra, dan diberi nama Pangeran Sabakingking, seorang Pangeran yang suatu saat mendirikan Kesultanan Banten

Pangeran Sabakingking beranjak dewasa, dan dia menjadi pemuda yang gagah,  pemuda yang keras, berani dan memiliki kesaktian yang luar biasa, ilmu-ilmu kesaktian ibunya mengalir ke tubuhnya, lebih dari 1000 Jin takluk atas perintahnya. Pangeran Sabakingking tak pernah merasa takut kepada siapapun, dan hampir semua pendekar di tanah Banten pernah berhadapan dengannya.

Suatu hari, Pangeran Sabakingking dipanggil ibunya, karena ia harus mengetahui siapa ayahnya, Sabakingking pun menghadap ibunya.Anakku, kau sudah dewasa dan sudah saatnya kau mengetahui siapa ayahmu. Ia berada di Cirebon dan telah menjadi Sultan di sana. Jika kau ke sana berikan tasbih ini kepadanya. Tasbih inilah yang dulu menjadi mahar perkawinan ibu dengan ayahmu.

Pergilah Pangeran Sabakingking menuju utara melewati hutan dan sungai, bukit bahkan gunung di tempat yang dituju Pangeran Sabankingking langsung menuju kesultanan Cirebon.

Di Kesultanan Cirebon itulah Pangeran Sabakingking melihat sebuah perbedaan yang mendasar. Terdengar suara adzan, serta alunan al Quran yang asing baginya, namun begitu menyejukkan hatinya. Tak berapa lama bertemulah Pangeran Sabakingking dengan seorang tua berjanggut panjang dengan mengenakan sorban. Orang tua itu tampak berwibawa dan memiliki sorot mata yang tajam. “Anak muda, ada keperluan apa kau ke sini? Tanya orang tua yang tak lain adalah Syarif Hidyayatullah itu.Aku ingin bertemu dengan Syarif Hidayatullah dan menyerahkan tasbih ini dari ibuku.” Tasbih itu pun diterima Syarif Hidayatullah sembari menerawangkan matanya. “Apakah kau anak Kawunganten?” “Benar! Aku Sabakingking Putra Kawunganten!”

“Akulah Syarif Hidayatullah yang kaucari anak muda. Namun aku tidak begitu saja mengakui kau sebagai anakku, sebab ada syarat yang harus kau laksanakan.” “Apa itu?” Buatlah sebuah bangunan masjid lengkap dengan menaranya di Banten. Tapi ingat, hanya 1 malam saja. Jika  sampai muncul matahari dan perkerjaanmu belum selesai, jangan harap aku akan mengakui kau sebagai anakku.” Ujar Syarif Hidayatullah. “Baiklah! aku akan melaksanakan perintahmu.” Jika sudah selesai, kumandangkan adzan yang dapat kau dengar dari menaranya. Ingat, hanya dalam waktu 1 malam saja!”

Setelah mendengar perintah ayahnya, Pangeran Sabakingking bergegas meninggalkan Cirebon untuk kembali ke Banten. Setelah sampai di Banten diceritakanlah semua yang dialami selama di Cirebon kepada ibunya. Ibunya maphum dan bersedia membantu anaknya. Dipanggilah lebih dari 1000 jin sakti untuk membantu Pangeran Sabakingking, dan tepat saat matahari terbenam mereka mulai membangun fondasi Masjid di pesisir Banten. Semua bekerja dengan berbagai ilmu, lebih dari 1000 Jin dikerahkan, dan mendekati matahari terbit menara pun baru selesai. Saat itulah Pangeran Sabakingking menaiki menara dan mengumandangkan Adzan seperti apa yang ia dengar di Kesultanan Cirebon, dan dengan tenaga dalam yang nyaris sempurna, terdengarlah alunan adzan yang menggema hingga ke seluruh alam.

Mendengar suara adzan yang memiliki kekuatan yang luar biasa itu, Syarif Hidayatullah pun keluar dari keraton Kesultanan Cirebon dan segera memperhatikan arah suara itu, yang tak salah lagi itu adalah suara anaknya. Dan dengan ilmu Sancang, ilmu berlari cepat yang sulit diterima akal manusia, yang dimilikinya, hanya dalam waktu beberapa menit saja tibalah Syarif Hidayatullah ke Mesjid yang dibangun anaknya tersebut dan melakukan sholat subuh di sana.

Pangeran Sabakingking mengetahui datangnya seseorang yang masuk ke Mesjidnya, dan dia bergegas menuju ke dalam. Alangkah kagetnya Pangeran Sabakingking saat ternyata dihadapannya adalah Syarif Hidayatullah, ayahnya. “Anakku. Kau telah membangun Mesjid ini dengan baik, Mesjid ini akan menjadi pusat penyebaran agama yang kubawa dan kau adalah pemimpinnya.  Mulai hari ini namamu adalah Hasanudin. Dan bangunlah Kesultanan di sini, syiarkan Islam kepada rakyatmu.

Hasanudin pun membangun keraton di sekitar masjid yang dibangunnya, yang tidak berapa lama berdirilah keraton lengkap dengan singgasananya, untuk membantu penyebaran Islam di Banten, dan Syarif Hidayatullah memerintahkan rakyatnya untuk ikut membangun Banten. Berduyun-duyunlah rakyat Cirebon menuju Banten. Mereka disambut rakyat Banten dengan antusias, seakan-akan perbauran antara rakyat Cirebon dan penduduk asli itu seperti halnya perpaduan antara Muhajirin dan Anshor jaman Nabi Muhammad. Budaya dan bahasa yang hampir sama dengan Cirebon merupakan bukti otentik yang terwariskan hingga saat ini.

Sementara itu, Padjajaran setelah mangkatnya prabu Siliwangi pecah menjadi jadi dua kerajaan yaitu Kerajaan Pakuan dan Kerajaan Galuh. Kerajaan Pakuan di berikan kepada cucunya Ratu Dewata yang merupakan putri Raden Surawisesa yang dikenal dengan Pangeran Walangsungsang, salah seorang putra Prabu Siliwangi. Keinginan Kesultanan Cirebon untuk mengislamkan seluruh Kerajaan Padjajaran didukung penuh oleh Maulana Hasanudin, yang juga dibantu oleh putra mahkota yaitu Sultan Maulana Yusuf, yang merupakan hasil pernikahan Maulana Hasanudin dengan Ratu Ayu Kirana, Putri Sultan Trenggono dari Kesultanan Demak. Selain Maulana Yusuf, Maulana Hasanudin memiliki putri bernama Ratu Pembayun yang menikah dengan Tubagus Angke putra Ki Mas Wisesa Adimarta dimana Tubagus Angke merupakan panglima perang Banten yang nantinya memiliki putra bernama Pangeran Jayakarta, yang kelak menjadi pajabat Kesultanan Banten di Jakarta, di mana nama Jakarta diambil dari namanya.

53 komentar:

Anonim mengatakan...

AHSANTUM! terus sebarkan keutamaan Imam mulia Kita semua Ali bin Abi Thalib a.s.

Gunun Guntur Garut mengatakan...

ini sejarah salah...kelahiran syadina Ali dan kian santang jauh berbeda, bahkan dengan raja siliwangi pertamapun sangat jauh jarak nya, mungkin yg dimaksud syekh bagan ali dari irak (waliyulloh)

Unknown mengatakan...

apakah benar dulu orang2 punya jurus2 sakti yg dpt menghancurkan gunung dll? atau hanya kiasan, dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan bahasa yg berbeda pula(arab&sunda) .trim kang

Unknown mengatakan...

bagaimana cara berkomunkasi (ali&santang)dg bahasa yg beda? dan jurus yg dpt mnghancurkan gunung dll apa kiasan atau nyata. htr nhun kang

Anonim mengatakan...

Syarif Hidayatullah(Sunan Gunung Jati) Yang Wafat Pada Usia yang sangat Sepuh 120 Tahun sangatlah hebat dari Pihak Ibu Dia Keturunan Prabu Siliwangi dan Dari Pihak Ayah Sampai Kepada Rasulullah SAW

Anonim mengatakan...

terlepas dari unsur klenik yg meyertainya, legenda ini mengisyaratkan ada hubungan antara budaya sunda dg Ali. Duka tah Ali nu mana. Dina paguneman filsafat diwenangkeun tiasa wae nu pendak sareng Kian Santang teh memang Ali bin Abi Thalib. Sareng ita kang, kecap 'kian' saleresna kawitna ti persia. Janten sigana memang aya hubungan antawis sejarah sunda buhun sareng persia, sareng Ali sareng ..... syiah?

Anonim mengatakan...

Jika budaya Aceh syiah (Universitas Syah Kuala dan budaya budaya tawasul pada ahlul kisa: rasulullah, ali, hasan dan husain)budaya cirebon syiah (bendera cirebon namanya macan ali) budaya sunda syiah, maka budaya Islam nusantara syiah juga? Artinya Budaya indonesia itu sesat. Betul kan Ust Baasyir?

Anonim mengatakan...

Sae pisan lah...pami elmu elmu jaman baheula eta memang leureus aya na,soalna abdi pernah ngadangu sareung nyaksian hebat na elmu braja musti...mung namina teh braja mustika

Unknown mengatakan...

Saya percaya dg semua kjadian masa lampau.......dan hanya ALLAH yg tw smua kbnaranx.ttg Sayyidina ali kiansantang tdak ada yg mustahil mskipun mnurut logika jaman skrng sangat jauh jamanx.....
Klo ALLAH sdh mnghndaki mngaapa tdk.
Pmikiran orang jaman mdern skrng mmang Pmikiran mustahil.bda sama sama jman dulu.

Anonim mengatakan...

Pembodohan publik

SULAIMAN DJAYA mengatakan...

Ini hanya hikayat kiasan yang ingin mengatakan bahwa penyebar Islam di Indonesia adalah zuriat Rasulullah

Unknown mengatakan...

Yah, utk masyarakat awam boleh.

budidarmawan8 mengatakan...

Coba deh jangan Ngarang Cerita menurut Hawa Nafsunya, kisah yg di tulis di sini sangat merusak Sejarah yang secara langsung membodohi publik, kalo mau tahu kisah aslinya tolong merujuk langsung pada Kesepuhan Cirebon dan Banten, Atau pada Balai Peninggalan Sejarah serta Museum-museum yg mencatat langsung kisah nyatanya, atau baca buku "API SEJARAH" karya Ahmad Mansur Suryanegara, atau sumber dari DINAS PENDIDIKAN REPUBLIK INDONESIA.
Sejarah itu tercatat dengan Rapih dari berbagai Sumber yg dapat di percaya, bukan dari dukun beranak yg mabok bikin cerita ngelantur.

Unknown mengatakan...

Ko sayyidina Ali ngucapin slam ma raden kian santang..padahal kan pertama kali bertemu tadrn kian santang blm masuk islam, dan sayyidina Ali pasti tau bagaimana hukum mengucapkan slam k non muslim..di lebih-lebihkan nih cerita nya.

Mulyadi mengatakan...

Ngaco ceritanya...

W.gunawan mengatakan...

Cerita ngawur,, basi.....

ace mengatakan...

Ga ad yg ga mungkin jika itu kehendak allah swt. Tidak smua kebenaran itu bisa dijlaskan dengan logika. Dan tidak smua sjarah itu bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan manusia yg skrg.

Warisa mengatakan...

Assalamualaikum ,maaf hamba ingin bertanya adakah ratu kungawatan atau puteri siti badariah itu adalah Tok Temong yang menguasai daerah temong,Perak,Malaysia???

Anonim mengatakan...

wah ngarang nih ceritanya salah kapra...

Anonim mengatakan...

ini ada benarnya memang raden kian santang juga pernah bertemu dengan nabi muhammad saw setelah beliau bertemu dengan ali dan masuk islam. raden kiansantang juga di beri gelar oleh nabi muhammad saw yaitu habibullah habiburrasul sunan rohmat godok suci garut.itu adalah nama raden kiansantang menjadi wali. kemudian ada lagi nama raden kiansantang ketika naik haji beliau di beri nama haji pandu rukma bimantara.

Yusuf Maulana mengatakan...

Yang ga sepaham, jangan asal komen. Tapi hargai sejarah islam di tanah sunda ini. Good luck to yg menulis

Yusuf Maulana mengatakan...

Yang ga sepaham, jangan asal komen. Tapi hargai sejarah islam di tanah sunda ini. Good luck to yg menulis

Unknown mengatakan...

Ente yg bodoh

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

Kalau merasa pikiran 90 % ada di dunia modern yang keblinger ini. mending gak usah baca sejarah , apapun itu, termasuk ini.

Pertemuan Kian santang dan Ali. itu bisa di benarkan. dan banyak bukti tertulisnya. di tanh kesultanan.
jangn jauh jauh lah.
Anda tidak percaya dengan kesaktian para pendahulu kita. ?
sekarang, saya bertanya, siapa yang, ngumpeti, Candi borobudur ?
padahal borobudur itu ada sebelum belanda jajah indonesia. tapi. belanda, tidak tahu, kalau ada Candi Borobudur. di Magelang.

Hayoo. ?

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

mang hukumnya apa. kalau ucap salam dengan Non muslim. ?
? + ? = ..

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

Pakai. Translate. atuh. kang. ..

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

Syeck Abdul Qadir Al-Jaelani. benarkah, Baginda/Raja.. Para Wali sedunia. kang ?

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

Kayak nya, ada paling ngerasa bener sendiri nih.

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

Dulu gak ada Alat berat seperti. Creane , Buldoser - dll. gak ada kontainer , Truk. dll. Itu Borobudu bisa jadi. dulu kan gak ada Semen Tiga roda kang ya.
Tembok Rakss Cina. Truss. Batu Singgasana kerajaan juga kang. Itu dapat dari mana batu ya ? Yang memahat himgga menjadi sebuah kursi Singgasana. pakai apa pahat nya. ya kang. ?
hehehehe..

cv asmoro land stainlessindo mengatakan...

Orang dulu. makan dedaunan. ajah. pada berayukur. gak pakai ngeluh. sekalian Tirakat. coba orang produk sekarang. hahahahahhahaha. termasuk saya.
jujur gak ada kemunafikan.

Anonim mengatakan...

Mungkin bukan kian santang yg ketemu sayidina ali,akan tetapi ayahnya sendiri yaitu prabu siliwangi dan sang prabu pun meneluk ajaran islam,,walaupun zamannya dan generasinya sudah berbeda tetapi dengan kehendak Sang KHALIQ mereka bertemu,,,dan sejarah bahwa prabu siliwangi meninggal ditangan anaknya sendiri raden kian santang itu adalah bohong(dusta),banyak rekayasa dari makluk jin yg mengabarkan untuk memutar balikkan sejarah...

Unknown mengatakan...

Laailahailallah muhammadarrasulillah...hulul imanen

Unknown mengatakan...

Laailahailallah muhammadarrasulillah...hulul imanen

Unknown mengatakan...

Kenapa segala hal tentang sayidina Ali dan ahlul bait keturunan kanjeng nabi muhammad dikaitkan dengan syiah,sayyidina hasan dan husein tak pernah mendirikan syiah, itu adalah oknum2 golongan politik waktu itu yang disusupi munafiqun yahudi, syiah yang sesat itu syiah rofidloh yang suka mengkafir2 kan sahabat nabi selain sayyidina Ali(syiah rofidloh sudah musnah, syiah sekarang dan ahlussunah cuma beda imam),dan juga khowarij yang mengkafir2 kan sayyidina Ali,dan ajaran mereka itu pada zaman sekarang diadopsi oleh kelompok yang suka mengkafir2 kan, bid'ah2 kan,islam sejati tak berani mengkafir2 kan orang2 sudah bersyahadat,ahlussunah sejati mencintai semua sahabat dan semua ahlul bait dan semua keturunan kanjeng nabi tanpa terkecuali

PT BINTANG BETON INDONESIA mengatakan...

Diam itu emas

PT BINTANG BETON INDONESIA mengatakan...

Diam itu emas

PT BINTANG BETON INDONESIA mengatakan...

Diam itu emas

Raden ireng mengatakan...

Maaf gan ente kurang belajar masalah ilmu para wali klo bgt....

Raden ireng mengatakan...

Maaf gan klo menurut ente ini sejarah salah tolong yg benarnya seperti apa..karna klo cuma menyalahkan tanpa ada pembenaran ente jg sok tau namanya....

Raden ireng mengatakan...

Hukumnya...mikir bro....

Raden ireng mengatakan...

Ane setuju gan.....kpd semua komentator klo bisa menyalahkan seharusnya ada yg benarnya seperti apa....jgn maen salah salah aja....ceritain yg benarnya seperti apa..jgn2 sok tau lg...

Unknown mengatakan...

Hmmm... Klo yg saya tw ya seperti itu.. Tp sedikit berbeda versinya... Jaman gw kecil dlu klo mantri mw nyunat pasti ada doa untuk kian santang... Hanya Allahlah yg maha tahu.... Bukan saya bukan jga penulis bukan dari katanya katanya....

Unknown mengatakan...

Hmmm... Klo yg saya tw ya seperti itu.. Tp sedikit berbeda versinya... Jaman gw kecil dlu klo mantri mw nyunat pasti ada doa untuk kian santang... Hanya Allahlah yg maha tahu.... Bukan saya bukan jga penulis bukan dari katanya katanya....

Unknown mengatakan...

Hmmm... Klo yg saya tw ya seperti itu.. Tp sedikit berbeda versinya... Jaman gw kecil dlu klo mantri mw nyunat pasti ada doa untuk kian santang... Hanya Allahlah yg maha tahu.... Bukan saya bukan jga penulis bukan dari katanya katanya....

Unknown mengatakan...

Setahu saya bukan pak... Beliau ibu siti badariah itu yg nguasain gunung karang...

Unknown mengatakan...

Setahu saya bukan pak... Beliau ibu siti badariah itu yg nguasain gunung karang...

Chaesar Simont. mengatakan...

Saya setuju...lagian pangeran kian Santang dan putri Rara Santang sejak kecil udah beragama Islam Koz ibu beliau berdua yg bernama nyai Subang Larang adalah seorang muslimah anak angkat syekh Quro.

Unknown mengatakan...

ente ga ngerti sejarah..dr siapa yg islam dr kecil..kian santang masuk islam sejak bertemu sayidina ali r.a...jangan jd orang tolol lah yg udh salah terus ngotot

Unknown mengatakan...

ente ga ngerti sejarah..dr siapa yg islam dr kecil..kian santang masuk islam sejak bertemu sayidina ali r.a...jangan jd orang tolol lah yg udh salah terus ngotot

Unknown mengatakan...

ente ga ngerti sejarah..dr siapa yg islam dr kecil..kian santang masuk islam sejak bertemu sayidina ali r.a...jangan jd orang tolol lah yg udh salah terus ngotot

Unknown mengatakan...

Zaman sekarang juga orang sunda, jawa, sumatera dll. bisa berkomunikasi dengan bangsa arab walau dengan bahasa isyarat

Unknown mengatakan...

Kisah sejarah bukan utk di yakini benar atau tidak nya..tp di maknai positif dr hikmah nya..sehingga memberikan keyakinan yg positif dlm mempelajari islam

sundarta.tata mengatakan...

coba anda buka https://www.youtube.com/watch?v=TEBSkwHU2wI&feature=youtu.be kemudian buka https://www.youtube.com/watch?v=ymI5Uv5cGU4, di situ anda akan temukan kesamaan masa sayidina Ali dan kerjaan galuh