Galeri Alternatif Al-Bantani dan Pameran Tunggal ‘Bone Majnun’


Galeri Darurat Al-Bantani Dewan Kesenian Banten merupakan sebuah ruang pameran yang terjadi karena kondisi yang memaksa, yakni ketiadaan ruang dan fasilitas kebudayaan di Banten. Sedangkan ‘Bone Majnun’ adalah pameran tunggal karya-karya Ali Bone, perupa yang memainkan satir semantik dan semiotik dalam gagrak (genre dan aliran) naif seni visual untuk mewedarkan kritik sosial-politik keseharian dan kehidupan kultural-politis Banten.

ALI BONE adalah perupa yang tak perlu direpotkan pada pilihan konvensional media, sebab baginya apa saja dapat dijadikan media, dari mulai tong hingga bekas kaleng kerupuk, dari triplek hingga kardus. Seakan ia ingin menimpali sekaligus menjawab pandangan estetiknya Walter Benjamin di era mesin dan abad komoditas.

Karya-karya yang diwedarkan (diangkat dan diwacanakan) Ali Bone acapkali lucu, konyol, dan jenaka, mengingatkan kita pada seniman-seniman majnun yang didadarkan dan diulas Michel Foucault dalam Madness and Civilization. Ia adalah manifestasi kemelimpahan imajinasi, jika kita meminjam istilahnya Michel Foucault. Ali Bone adalah wujud kemajnunan di ranah estetika visual. BONE SI MAJNUN. 






















Tidak ada komentar: