المقدمة
Muqaddimah
قَـالَ مُحَمَّد هُوَ ابنُ مَـالِكِ ¤ أَحْمَدُ
رَبِّي اللَّهَ خَيْرَ مَالِكِ
Muhammad Ibnu Malik berkata: Aku memuji
kepada Allah Tuhanku sebaik-baiknya Dzat Yang Maha Memiliki.
مُصَلِّيَاً عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى
¤ وَآلِـــهِ الْمُسْــتَكْمِلِينَ الْشَّــرَفَا
Dengan bersholawat atas Nabi terpilih
dan atas keluarganya yang mencapai derajat kemulyaan.
وَأسْتَـعِيْنُ اللهَ فِيْ ألْفِــيَّهْ ¤
مَقَاصِدُ الْنَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ
Juga aku memohon kepada Allah untuk
kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu..
تُقَرِّبُ الأَقْصَى بِلَفْظٍ مُوْجَزِ ¤ وَتَبْسُـطُ
الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ
Mendekatkan pengertian yang jauh dengan
lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang
cepat.
وَتَقْتَضِي رِضَاً بِغَيْرِ سُخْطِ ¤ فَـائِقَةً
أَلْفِــــيَّةَ ابْنِ مُعْطِي
Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa
kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Mu’thi..
وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً ¤ مُسْـتَوْجِبٌ
ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ
Beliau lebih memperoleh keutamaan karena
lebih awal. Beliau berhak atas sanjunganku yang indah..
وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ ¤
لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ
Semoga Allah menetapkan karunianya yang
luas untukku dan untuk beliau pada derajat-derajat tinggi akhirat.
Pengertian Kalam, Kalim, Kalimat,
Qoul
كَلاَمُــنَا لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ
¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ
Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu)
adalah lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”. Isim, Fi’il
dan Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim.
وَاحِدُهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمْ ¤ وَكَلْمَةٌ
بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤمْ
Tiap satu dari (personil Kalim)
dinamakan Kalimat. Adapun Qaul adalah umum. Dan dengan menyebut Kalimat terkadang
dimaksudkan adalah Kalam.
Bentuk Kalimat-Kalimat Dan
Ciri-Cirinya
بِالجَرِّ وَالتّنْوِيْنِ وَالنِّدَا وَاَلْ
¤ وَمُسْنَدٍ لِلإسْمِ تَمْيِيْزٌ حَصَلْ
Dengan sebab Jar, Tanwin, Nida’, Al, dan
Musnad, tanda pembeda untuk Kalimat Isim menjadi berhasil.
بِتَا فَعَلْتَ وَأَتَتْ وَيَا افْعَلِي ¤
وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْـــلٌ يَنْجَلِي
Dengan tanda Ta’ pada lafadz Fa’alta dan
lafadz Atat, dan Ya’ pada lafadz If’ali, dan Nun pada Lafadz Aqbilanna, Kalimat
Fi’il menjadi jelas.
سِوَاهُمَا الْحَرْفُ كَهَلْ وَفِي وَلَمْ
¤ فِعْـــلٌ مُـضَــارِعٌ يَلِي لَمْ كَـيَشمْ
Selain keduanya (ciri Kalimah Isim dan
ciri Kalimah Fi’il) dinamaan Kalimah Huruf, seperti lafadz Hal, Fi, dan Lam.
Ciri Fi’il Mudhori’ adalah dapat mengiringi Lam, seperti lafadz Lam Yasyam.
وَمَاضِيَ الأَفْعَالِ بِالتَّا مِزْ وَسِمْ
¤ بِالنُّـــوْنِ فِعْلَ الأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ
Dan untuk ciri Fi’il Madhi, bedakanlah
olehmu! dengan tanda Ta’. Dan namakanlah! Fi’il Amar dengan tanda Nun Tauqid
(sebagi cirinya) apabila Kalimah itu difahami sebagai kata perintah.
وَالأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِلنّوْنِ مَحَلْ
¤ فِيْهِ هُوَ اسْمٌ نَحْوُ صَهْ وَحَيَّهَلْ
Kata perintah jika tidak dapat menerima
tempat untuk Nun Taukid, maka kata perintah tersebut dikategorikan Isim,
seperti Shah! dan Hayyahal!
الْمُعْرَبُ
وَالْمَبْنِي
Bab Mu’rab Dan Mabni, Kalimah-Kalimah
Yang Mu’rab Dan Yang Mabniy
وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي ¤ لِشَبَـــهٍ
مِنَ الْحُــرُوْفِ مُدْنِي
Diantara Kalimat Isim ada yang Mu’rab,
dan ada juga yang Mabni karena keserupaan dengan kalimah Huruf secara mendekati
كَالْشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا
¤ وَالْمَعْـنَـــوِيِّ فِي مَتَى وَفِي هُـــــــنَا
Seperti keserupaan bangsa wadh’iy
didalam contoh dua Isimnya lafadz Ji’tana. Dan keserupaan bangsa Ma’nawiy di
dalam contoh Mata, dan Huna.
وَكَنِيَابَةٍ عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ ¤ تَأَثُّــــرٍ
وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا
Dan keserupaan bangsa Niyabah
(pengganti) dari Fi’il tanpa pembekasan I’rob (Isim Fi’il). Dan keserupaan
bangsa Iftiqor/kebutuhan yang dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan
shilah).
وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا
¤ مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كَأَرْضٍ وَسَمَا
Adapun Mu’rabnya Kalimah-kalimah Isim,
adalah Kalimah yang selamat dari keserupaan dengan Kalimah Huruf, seperti
contoh Ardhin dan Sumaa.
وَفِـــعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِـيَا ¤ وَأَعْرَبُوا
مُضَارِعَاً إنْ عَرِيَا
Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya
dihukumi Mabni. Dan mereka Ulama Nahwu sama menghukumi Mu’rab terhadap Fi’il
Mudhori’ jika sepi…..
مِنْ نُوْنِ تَوْكِيْدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ
¤ نُوْنِ إنَــاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ
Dari Nun Taukid yang mubasyaroh (bertemu
langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin.
وَكُلُّ حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا
¤ وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا
Semua Kalimah Huruf menghaki terhadap
Mabni. Asal didalam Kemabnian adalah dihukumi Sukun.
وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمُّ
¤ كَأَيْنَ أَمْسِ حَيْثُ وَالْسَّــــاكِنُ كَمْ
Diantara hukum Mabni adalah Mabni
Fathah, Mabni Kasroh dan Mabni Dhommah. Seperti lafadz: Aina, Amsi, Haitsu, dan
Mabni Sukun seperti Lafadz Kam.
Isim Mu’rab: adalah isim yang akhir
katanya bisa berubah karena perubahan kedudukan/jabatan kata (misal sebagai
pelaku) atau karena adanya kata lain yang mendahuluinya (misal harf jer).
Isim mu’rab ada 9, yaitu: isim mufrad,
mutsanna, jamak mudzakar salim, jamak mu’annats salim, jamak taksir, maqshur,
manqush, asma’ul khamsah, dan isim laa yansharif .
Isim Mabni: adalah isim yang akhir
katanya senantiasa tetap meskipun kedudukan/jabatan katanya berubah atau
didahului oleh kata-kata yang menyebabkan perubahan pada isim mu’rab.
Isim mabni ada 5, yaitu: isim dhamir
(kata ganti), isim maushul (kata sambung), isim isyarah (kata penunjuk), isim
istifham (kata tanya), dan isim syarat (jika atau barangsiapa).
Macam-Macam I’rab
وَالْرَّفْعَ وَالْنَّصْبَ اجْعَلَنْ إعْرَابَا
¤ لاسْــمٍ وَفِــعْــلٍ نَحْـوُ لَنْ أَهَـــــابَا
Jadikanlah Rofa’ dan Nashab sebagai
I’rab (sama bisa) untuk Isim dan Fi’il, seperti lafadz Lan Ahaba.
وَالاسْمُ قَدْ خُصِّصَ بِالْجَرِّ كَمَا
¤ قَــدْ خُصِّصَ الْفِعْـلُ بِأَنْ يَنْـجَزِمَا
Kalimah Isim dikhususi dengan I’rab
Jarr, sebagaimana juga Fi’il dikhususi dengan dii’rab Jazm.
Tanda Asal I’rab
فَارْفَعْ بِضَمَ وَانْصِبَنْ فَتْحَاً وَجُرْ
¤ كَسْــــــرَاً كَــذِكْرُ اللَّهِ عَبْــدَهُ يَسُـرْ
Rofa’kanlah olehmu dengan tanda Dhommah,
Nashabkanlah! Dengan tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda Kasrah. Seperti
lafadz Dzikrullahi ‘Abdahu Yasur.
وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ
¤ يَنُــوْبُ نَحْوُ جَا أَخْــو بَنِي نَمِــرْ
Dan Jazmkanlah! Dengan tanda Sukun.
Selain tanda-tanda yang telah disebut, merupakan penggantinya. Seperti lafadz:
Jaa Akhu Bani Namir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar